Sabtu, 10 Juli 2010
Penyakit Leukemia adalah salah satu tipe dari kanker. Kanker adalah sebuah kelompok dari banyak penyakit yang berhubungan. Semua kanker dimulai pada sel-sel yang membentuk darah dan jaringan-jaringan lain. Secara normal, sel - sel tumbuh dan membelah untuk membentuk sel - sel baru ketika tubuh membutuhkan mereka. Ketika sel-sel tumbuh menjadi tua, mereka mati, dan sel-sel baru mengambil tempat mereka.

Namun ketika proses yang teratur ini berjalan salah, sel - sel baru terbentuk ketika tubuh tidak memerlukan mereka, dan sel-sel yang telah tua tidak mati ketika mereka seharusnya mati. Leukemia adalah kanker yang dimulai pada sel - sel darah, maka itu leukemia biasa juga disebut dengan kanker darah.

Sel - sel darah yang normal terbentuk di sumsum tulang (bone marrow). Sumsum tulang adalah material yang lunak yang terletak dipusat dari kebanyakan tulang-tulang.

Sel - sel darah yang belum menjadi dewasa (matang) disebut sel-sel induk (stem cells) dan blasts. Kebanyakan sel-sel darah menjadi dewasa didalam sumsum tulang dan kemudian bergerak kedalam pembuluh - pembuluh darah. Darah yang mengalir melalui pembuluh-pembuluh darah dan jantung yang disebut peripheral blood.

Sumsum tulang membuat tipe-tipe yang berbeda dari sel-sel darah. Setiap tipe mempunyai suatu fungsi yang khusus yakni :

- Sel - sel darah putih adalah sel darah yang berfungsi membantu melawan infeksi.

- Sel - sel darah merah adalah sel darah yang berfungsi  mengangkut oksigen ke jaringan-jaringan diseluruh tubuh.

- Platelet - platelet  adalah sel darah yang berfungsi membantu membentuk bekuan-bekuan (gumpalan - gumpalan) darah yang mengontrol perdarahan.

Pada orang - orang yang menderita leukemia, sumsum tulang menghasilkan sel-sel darah putih yang abnormal. Sel-sel yang abnormal adalah sel-sel leukemia. Pertama, sel-sel leukemia berfungsi hampir secara normal. Pada waktunya (ketika terjadi serangan leukemia) mereka akan mendesak sel - sel darah putih, sel - sel darah merah, dan platelet - platelet yang normal dan hal ini akan membuat darah menjadi berat untuk mengerjakan fungsi yang seharusnya mereka lakukan didalam tubuh kita.

0 komentar:

Pengikut

Chat