Jumat, 30 Juli 2010
Berikut ini adalah tips cepat untuk mengenali gejala leukemia. Dengan mengenali gejala leukimia sedini mungkin, penyebaran penyakit leukemia ini didalam tubuh penderita leukimia akan bisa lebih cepat ditekan dan proses pengobatan bisa segera dilakukan.

1. Sering merasa lelah.
Leukimia dapat menyebabkan Anda mudah lelah, karena peningkatan produksi sel - sel darah putih mengakibatkan penyerapan energi yang besar dari tubuh penderita.

2. Berat badan terus berkurang.
walaupun makan dengan porsi yang biasa disantap tetapi berat badan akan terus berukurang. Hal ini terjadi karena peningkatan produksi sel darah putih didalam tubuh akan menyerap banyak persediaan kalori didalam tubuh.

3. Sering pusing dan sakit kepala.
Catat dan rasakan frekuensi sakit kepala / pusing yang kadang kala bisa memunculkan rasa bingung, bila terlalu sering segeralah lakukan general checkup karena peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal dapat meresap ke sistem syaraf pusat dan hal inilah yang membuat sering pusing dan sakit kepala.

4. Seringkali berdarah, mimisan atau muncul lebam di beberapa bagian tubuh.
Hal ini merupakan gejala umum penyakit leukimia pada anak. Disamping itu muncul bintik-bintik merah pada bagian tubuhnya, yang merupakan gejala umum leukimia anak yang lain, terkait dengan limpa dan pembengkakan hati.

5. Wajah pucat dan berkeringat.
Periksa jenis kepucatan Anda. Apakah kecerahan dan kebinaran wajah anda mulai redup, karena peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal akan mendesak sel darah merah, sehingga membuat penderita menjadi seperti kurang darah.

6. Pembengkakan disekitar ketiak dan atau tenggorokan.
Raba dan rasakan sesuatu di di bawah ketiak atau tenggorokan atas, apakah terasa ada benjolan atau semacam pembengkakan di sana?. Pembengkakan getah bening yang menyebabkan pembengkakan disekitar ketiak dan atau tenggorokan merupakan salah satu gejala penyakit leukimia

7. Sering mengalami infeksi ringan namun sulit sembuh.
Cobalah untuk merasakan dan mengingat-ingat apakah anda pernah mendapati infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Walaupun tubuh Anda terus memproduksi sel darah putih sebagai anti body tubuh anda terhadap infeksi, namun sel-sel darah putih yang diproduksi dari tubuh seseorang yang terkena leukimia tidak sempurna dan tidak dapat melindungi tubuh dari penyakit, meskipun ringan.

8. Pembengkakan pada limpa.
Periksalah limpa anda dengan cara berbaring di tempat tidur, letakkan telapak tangan pada perut sebelah kiri, di bawah tulang rusuk. Rasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil disana. Hal ini termasuk gejala leukimia.

9. Nyeri pada tulang dan perut.
Sering berkeringat di malam hari yang disertai nyeri pada tulang dan perut mual atau kembung adalah salah satu gejala awal leukemia.

Seluruh tips cepat mengenali gejala leukimia diatas juga mungkin merupakan gejala penyakit lain, maka itu bila mengalami gejala - gejala diatas segera periksakan diri anda kedokter dan mintalah pengecekan darah rutin lengkap (PDRL) agar bisa diteliti lebih lanjut sehingga diketahui lebih jelas.

0 komentar:

Pengikut

Chat