Rabu, 28 Juli 2010
Seperti semua sel - sel darah, sel-sel penyakit leukemia juga akan berjalan keseluruh tubuh tergantung pada jumlah sel - sel abnormal dan dimana sel - sel ini berkumpul, pasien - pasien dengan penyakit leukemia mempunyai gejala umum seperti berikut ini :

- Demam dan atau berkeringat waktu malam

- Seringkali mengalami infeksi (mudah sakit)

- Tubuh terasa lemah dan lelah

- Sakit kepala

- Perdarahan dan mudah memar (gusi-gusi yang berdarah, tanda - tanda keungu-unguan pada kulit, atau titik - titik merah yang kecil dibawah kulit seperti gejala demam berdarah (DBD))

- Nyeri pada tulang dan persendian

- Pembengkakan atau ketidak enakan pada perut (akibat pembesaran limpa)

- Pembengkakan nodus - nodus getah bening, terutama pada leher atau ketiak

- Berat badan menurun

Gejala umum penyakit leukimia yang saya sebutkan diatas bukanlah tanda - tanda yang pasti dari penyakit leukemia karena suatu infeksi atau penyakit lain juga dapat menyebabkan gejala - gejala yang sama, namun siapa saja yang mengalami gejala umum penyakit leukemia seperti point - point diatas saya sarankan untuk segera mengunjungi dokter atau melakukan checkup lengkap karena hanya seorang dokter dan pemeriksaan yang lengkap dapat mendiagnosa dan mengetahui secara tepat penyakit yang diderita.

Pada tingkat-tingkat awal dari leukemia kronis, sel-sel leukemia berfungsi hampir secara normal. Gejala - gejala umum diatas mungkin tidak nampak untuk suatu waktu yang lama. Dokter seringkali menemukan leukemia kronis sewaktu melakukan checkup rutin sebelum nampak ada gejala umum leukemia apa saja. Ketika gejala umum leukemia muncul, mereka biasanya terlihat ringan pada permulaan namun akan memburuk secara berangsur - angsur (tergantung daya tahan tubuh yang bersangkutan).

Pada penyakit leukemia akut, gejala - gejala nampak dan memburuk secara cepat. Orang - orang dengan penyakit ini pergi ke dokter karena mereka merasa sakit. Gejala - gejala lain dari leukemia akut adalah muntah, bingung, kehilangan kontrol otot, dan serangan - serangan (epilepsi). Sel - sel leukemia juga dapat berkumpul pada buah zakar (testikel) dan menyebabkan pembengkakan. Beberapa pasien juga mengalami pembengkakan luka - luka pada mata atau pada kulit. Leukemia juga dapat mempengaruhi saluran pencernaan, ginjal, paru - paru, atau bagian-bagian lain dari tubuh.

0 komentar:

Pengikut

Chat